28 Jan 2012

Memulai Usaha dengan Modal Minim, Bagaimana?

Jakarta - Bagaimana untuk memulai bisnis dengan modal yang sangat minim? Apa saja yang harus saya pertimbangkan untuk memulai usaha tersebut, mengingat modal yang saya miliki tidak terlalu besar?

Terima kasih
Radhi

Jawaban:
Sebelum memulai bisnis ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Kesehatan keuangan personal/pribadi harus sehat terlebih dahulu, karena jika keuangan pribadi tidak sehat maka hal tersebut bisa berpengaruh pada keuangan bisnis dan sebaliknya untuk bisnis perlu dibuat business plan yang jelas agar ada gambaran modal yang dibutuhkan, cost/biaya, expected return/profit, dll sehingga bisa dilakukan persiapan jika terjadi hal yang tidak sesuai prediksi.

2. Untuk modal usaha perlu ditentukan sumbernya jika berasal dari hutang maka perlu dipikirkan batas hutang yang bisa diambil dan jumlah cicilan yang bisa dibayar tiap bulannya, jangan sampai membahayakan aset yang sudah dimiliki atau cashflow anda dan keluarga.

3. Bisnis saat ini banyak jenisnya sehingga jangan terlalu terburu-buru juga dalam memulai bisnis tanpa mencari sejumlah informasi penting, yang akhirnya akan disesali dikemudian hari atau bisnis ditinggalkan begitu saja setelah banyak dana keluar.

4. Jika bisnis dilakukan dengan beberapa partner/orang lain maka pastikan semuanya jelas, dan ada kesepakatan yang kuat secara hukum/legal. Sehingga jika ada hal-hal tertentu yang terjadi disepanjang proses bisnis masing-masing pihak bisa mengacu pada aturan-aturan/pasal-pasal yang sudah disepakati bersama.
Demikian semoga tetap semangat memulai bisnis dengan persiapan yang baik


Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets