9 Mar 2013

Baguskah Sistem Pemasaran Waralaba yang Anda Pilih?

Adanya kewajiban melakukan program pemasaran secara terpusat merupakan salah satu kekuatan sistem waralaba. Dengan mengumpulkan pendanaan dari para terwaralaba (mitra) dalam sebuah sistem, tercipta kekuatan pemasaran yang lebih besar secara kolektif. Dana yang terpusat ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan hal-hal yang tak mungkin dilakukan oleh mitra sendirian, semisal melakukan kampanye pemasaran melalui iklan di televisi. Sebagai contoh, mitra Mc Donald di Indonesia tidak perlu mengeluarkan biaya untuk beriklan di Piala Dunia 2010. Namun, mereka dapat menikmati iklan yang dilakukan oleh Mc Donald pusat.

Selain itu, mitra tak perlu khawatir dengan masalah periklanan. Sebab, pemilik waralaba yang baik akan menyewa pakar profesional untuk menciptakan materi iklan yang lebih sempurna dibandingkan yang bisa dibuat oleh terwaralaba sendiri.

Keuntungan tersebut tentu akan memudahkan Anda yang ingin berinvestasi namun tidak ingin dipusingkan dengan sistem pemasaran yang rumit. Namun, Anda tak bisa sembarangan memilih program pemasaran sebuah waralaba. Berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan.

1. Mendatangkan pelanggan
Pertanyaan pertama yang harus ditanyakan adalah apakah dana pemasaran dimaksud akan membawa pelanggan datang ke outlet penjualan produk sehingga membuat usaha sukses. Jika jawabannya ya, maka konflik dapat ditekan sampai ke tingkat minimum. Jika tidak, bakal terjadi hal-hal yang tidak Anda inginkan.

2. Apakah Anda dilibatkan?
Program pemasaran waralaba pada umumnya memberi kesempatan substansial kepada para terwaralaba menyampaikan opini untuk ditampung. Wewenang keputusan akhir memang normalnya ada pada pemilik pewaralaba. Karena masukan yang paling dekat kepada pelanggan yakni para terwaralaba. Tentu, pendapat Anda harus ditampung.

3. Terdokumentasi dengan baik
Sistem pemasaran waralaba yang dirumuskan dengan baik dan telah teruji pasti didokumentasikan secara teliti. Meski sebagai terwaralaba Anda mungkin tak diberikan keseluruhan dokumentasi pemasaran internal, Anda setidaknya mendapatkan daftar isi manual pemasarana. Hal ini akan memberi gambaran mengenai strategi yang akan disampaikan dalam progam pelatihan yang akan diikuti terwaralaba.

4. Teliti
Cara paling pasti untuk mencari tahu seberapa bagus program pemasaran sebuah perusahaan waralaba adalah dengan langsung. Mereka pasti sangat siap menjawab karena tak banyak hal yang mereka pikirkan kecuali tentang progam pemasaran. (*/dari berbagai sumber)

Sumber : http://www.ciputraentrepreneurship.com/

0 komentar:

Posting Komentar

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets