6 Apr 2013

Memulai bisnis souvenir dan mempelajari teknik Digital Sablon Baju Kaos dan sejenisnya

Sablon digital sendiri adalah sablon dari suatu desain grafis yang diolah dengan komputerisasi dan dicetak dengan tinta sublime ke transfer paper kepada obyek yang diinginkan melalui sistem press panas. Jadi pada prinsipnya seperti penjelasan diatas yaitu pemindahan obyek desain dengan sistem press.

Pertama-tama kita coba bahas bagaimana cara sablon digital pada baju kaos, hal yang menjadi perhatian utama adalah pisahkan baju kaos berdasarkan bahan, bahan baju kaos yang bisa langsung di transfer sablon digital printing pada umumnya berbahan : Polyster, TC, atau sejenisnya. Katun tidak bisa langsung transfer, tetapi harus melalui transfer paper. Untuk belajar mulailah hanya di bahan kaos berwarna putih polos dulu, karena ada teknik lainnya untuk bahan kaos berwarna.

Langkah kedua mulailah design gambar template baju untuk promosi anda, semakin banyak template koleksi semakin baik. Perkaya template anda dengan berburu template menarik di Internet melalui google search. Jika template desain anda sudah ada maka editlah sebaik mungkin dengan software desain grafis menjadi berbeda dan lebih menarik, dan dengan selesainya desain anda maka siaplah kita untuk proses printing desain tersebut.

Siapkan printer anda yang tintanya sudah diganti dengan tinta sublime, karena jenis tinta ini bisa dipindahkan ke berbagai obyek tetentu melalui sistem dipanaskan, untuk printer bisa menggunkan ukuran A4 akan tetapi bisa lebih baik lagi jika kita memiliki printer ukuran A3+ karena alasan bidang gambar yang lebih lebar. Jika sudah siap maka printlah gambar desain tersebut dengan cara miror atau terbalik, karena pada saat dipindahkan nanti posisinya akan menjadi kebalikannya atau sebenarnya. proses printing selesai dan diamkanlah dalam 2-3 menit agar tinta meresap dan kering dulu pada kertas transfer.

Hidupkan mesin press head anda dan atur suhu sesuai petunjuk mesin, atur timer, jika mesin anda tidak automatis bisa dimodifikasi dengan menambahkan thermostat pengatur suhu. jika sudah mencapai suhu yang ditentukan atau biasanya 125 – 175 derajat, maka aturlah / letakan bahan kaos di bantalan press dengan posisi yang benar dan kencang, tempelkan transfer paper diposisi yang diinginkan dan cek sekali lagi jangan sampai miring atau terbalik. untuk menghindari perubahan warna pada kaos karena kepanasan lapisi lagi kaos sebesar bidang dengan kertas putih polos menutupi permukaan koas dan transfer paper. proses transfer sudah siap dilakukan yang pada mesin automatic biasanya menunggu timer akan mati sendiri dan siap diangkat, tetapi dalam proses mesin manual biasanya membutuhkan waktu 45 detik sampai dengan 60 detik.

Jika proses di press head telah selesai maka bisa anda lepaskan dan bisa anda lihat di baju kaos bahwa gambar di kertas transfer sudah berpindah ke Baju kaos, yang perlu dingat bahwa 1 kertas transfer paper hanya bisa digunakan untuk 1 kaos atau sekali pakai.

Jika anda ingin memulai bisnis atau mencoba berlatih digital sablon untuk kaos, maka yang perlu disiapkan adalah :
- 1 unit perangkat komputer dengan software desain; coreldraw, atau photoshop, atau adobe illustrator.
- 1 unit perangkat printer yang udah menggunakan tinta sublime dan
- 1 unit mesin press head
- Kemauan anda untuk terus berlatih agar menghasilkan desain yang lebih bagus dan bisa disukai mayarakat.
- Belajar pengetahuan tentang pemasaran yang akan mendukung jika kelak anda ingin mengembangkan menjadi bisnis anda.

Jika anda telah menguasai teknis membuar souvenir dengan digital sablon pada kaos, sudah barang tentu bisa pula dicoba pada media yang sejenis seperti payung, topi, dan lain-lain.

Sumber : http://www.reklame76.com/2011/09/05/memulai-bisnis-souvenir-dan-mempelajari-teknik-digital-sablon-baju-kaos-dan-sejenisnya/

0 komentar:

Poskan Komentar

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets