8 Apr 2013

Peluang Usaha Jasa Penitipan Anak


Peluang usaha jasa penitipan anak bisa menjadi pilihan alternatif terutama jika memiliki tempat tinggal di perkotaan atau perumahan. Tempat penitipan anak sangat dibutuhkan oleh ibu-ibu yang sibuk dengan urusan pekerjaannya. Tempat penitipan anak biasanya bukan hanya sekedar bisa untuk dititipi anak semata, namun juga disediakan fasilitas kebutuhan anak yang lain misalnya tempat bermain dan pendidikan.


Oleh sebab itu peluang usaha jasa penitipan anak terbuka bagi anda yang mampu memberikan tempat dan fasilitas yang dibutuhkan oleh si anak. Untuk tarif jasa disarankan berdasarkan harian, paket mingguan atau paket 3 bulan dan seterusnya. Anda bisa mulai dengan harga kira-kira Rp 50 ribu per hari. Sedangkan tarif untuk paket besarnya proporsional namun sudah termasuk konsultasi dengan tenaga ahli. Misalnya paket seminggu Rp 300 ribu dan mendapat konsultasi di akhir pekan. Anda bisa menetapkan tarif lebih mahal jika fasilitas dan pelayanan yang disediakan lebih lengkap.

Berikut ini hal-hal yang harus dipersiapkan jika ingin membuka usaha tempat pentipan anak.


Tempat
Tentukan tempat yang akan digunakan untuk penitipan anak, apakah itu di dalam rumah atau atau bangunan khusus. Jika tempat yang akan digunakan adalah rumah dengan target pasar di sekitar lingkungan rumah sendiri, maka sediakanlah ruangan khusus yang bisa digunakan untuk tempat belajar dan bermain si anak.

Mengerti psikologi anak
Seorang yang siap untuk merawat dan mendidik anak seyogyanya mengerti pengetahuan dasar tentang psikologi anak. Jika tidak bisa, maka bisa menggunakan jasa tenaga orang lain yang mengerti dengan baik cara merawat dan mendidik anak. Itu bisa saudara, atau kerabat karib misalnya diambilkan guru TK untuk bidang pendidikannya dan baby sitter untuk perawatannya.

Sarana operasional
Misalnya alat-alat yang akan menunjang atau yang akan digunakan dalam operasional usaha. Terdiri antara lain:
a. Alat bermain anak yang bisa disesuaikan dengan usia anak;
b. Makanan kebutuhan anak juga susu;
c. Perangkat perlengkapan bayi dan balita;
d. Peralatan administrasi seperti alat tulis kantor dan komputer

Persiapan keuangan
Persiapan keuangan dapat dibagi dua yaitu investasi awal dan biaya operasional. Investasi awal atau modal awal dikeluarkan sekaligus didepan untuk membuka usahanya, contohnya tempat dan peralatan permainan. Karena sudah mempunyai tempat sendiri Anda tidak perlu menyewa tempat lagi, tetapi renovasi, interior dan dekorasi mungkin diperlukan.

Tenaga ahli
Untuk tenaga ahli tentunya membutuhkan biaya tinggi karena itu disarankan untuk menawarkan skema bagi hasil dengan pola 30%:70%. Dimana tenaga ahli mendapat bagian lebih besar karena keahliannya, dan usaha Anda berhak atas bagian yang lebih kecil karena memberikan tempat praktek dan pengurusan administrasi. Sedangkan gaji baby sitter bisa diterapkan gaji minimalis misalnya Rp 500 ribu, kemudian bisa bertambah tergantung dengan jumlah anak yang diasuh.

Promosi
Promosi adalah hal yang sangat penting dalam berbisnis. Salah satu contoh sarana promosi adalah dengan menyebarkan brosur di kantor-kantor terdekat atau di tempat perkumpulan umum, misalnyan PKK, Arisan dll. Perlu kreatifitas dalam hal berpromosi.

Nah itulah sekilas gambaran tentang usaha tempat penitipan anak. Anda berminat ? silahkan di coba.

Sumber : http://peluangusaha-oke.com/peluang-usaha-jasa-penitipan-anak/

0 komentar:

Poskan Komentar

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets