18 Des 2012

Beli Aset Properti, Miliki Pula Bisnisnya

Banyak pilihan membeli aset properti yang kesemuanya, sepintas lalu tampak menguntungkan. Bagi yang memiliki naluri serta ketekunan berdagang, mengelola berjualan di toko, atau bagi mereka yang memiliki jaringan mampu menyewakan properti sebagai tempat berniaga maupun perkantoran, membeli ruko adalah pilihan tepat. Langsung bisa dimanfaatkan sendiri atau memperoleh uang sewa dari rukonya. Pun bagi yang cerdik membaca arah pertumbuhan dan perkembangan sebuah kawasan baru permukiman, membeli rumah juga pilihan bagus yang menguntungkan. Alasan tingginya nilai sewa rumah maupun pertumbuhan asetnya adalah pertimbangan utama membelinya.
Tak disangkal jika membeli aset properti dengan selektif dan memperhatikan kriteria asetnya dengan benar, memang merupakan investasi menguntungkan. Pendapat demikian kadung jamak beredar di masyarakat, ditambah pula adanya anggapan bahwa investasi properti berupa jual beli tanah, rumah, ruko, hotel dan gedung perkantoran dan lainnya relatif mudah dilakukan dibandingkan dengan bisnis lain.
Agar dalam prakteknya benar-benar menguntungkan, perlu kiranya pembeli aset properti cermat memperhatikan beberapa aspek dasar dari aset propertinya. Tepat dan strategis dari segi lokasi, kualitas, model bangunan, cara bayar dan harganya, juga terutama aspek legalitasnya, adalah kunci bakal untung atau malah merugi-nya pembeli properti. Begitu banyak pembeli properti yang termakan bujuk rayu penjual dan emosional dalam memutuskan pilihan aset properti justru menderita kerugian.
Ubah Rumah Jadi Homestay
Sebuah bangunan rumah yang tadinya merupakan tempat tinggal biasa, jika lokasinya strategis, berada di kota besar, memilki akses jalan masuk lebih dari 6 meter, tata ruangnya cukup baik (terdiri dari tiga kamar tidur, atau bahkan lebih), dan legalitasnya komplit, bagus untuk dibeli dan lalu disulap menjadi homestay bersewa harian. Dari sisi pendapatan sewanya, properti homestay bisa dipastikan lebih besar dan menguntungkan bila dibandingakn dengan rumah tinggal biasa yang dikontrakkan.
Gambaran di atas menjelaskan, bentuk kecermatan dan kejelian pembeli lah pada akhirnya yang menentukan diperolehnya keuntungan investasi. Faktanya, guna peruntukan sebuah aset properti yang sejalan dengan permintaan pasar, terlebih peluangnya belum banyak dilirik orang lain, adalah kunci keberhasilan investasi properti.
Melekatkan nilai tambah fungsi dari sebuah aset properti, menyulap rumah biasa menjadi homestay adalah contoh kecerdasan investasi properti yang menguntungkan.
Disadari, mengubah rumah biasa menjadi homestay bersewa harian memang bukan perkara sederhana dan tidak setiap orang bisa melakukannya. Akan tetapi, jika bersedia bekerjasama menggandeng pihak lain, dewasa ini, begitu banyak pengelola homestay berpengalaman bisa dipilih sebagai partner berbagi resiko sekaligus keuntungan agar tingkat keberhasilannya lebih tinggi.
Tercatat ada `Dsultan, Rumah Kaka, Harmony Homestay, Simlply Homy dan banyak lagi lainnya, sebagai jaringan pengelola manejemen homestay berpengalaman, bersedia bermitra.
Jika bersedia belajar memahami, bermitra dan menguasai aspek detail tentang bisnis properti berikut cara pengelolaan asetnya, layaknya seorang ahli, tidak berlebihan kiranya memilki ekspektasi keuntungan tinggi dari investasi properti.
Hampir sebagian besar pebisnis properti yang berhasil adalah orang-orang yang kampiun, matang seluk beluk di bidang properti. Tindakan membeli properti yang mereka lakukan, baik berupa tanah, rumah, ruko, hotel, gedung perkantoran atau lainnya, tidak didasarkan atas keputusan emosional, apalagi spekulatif. Mereka membeli aset properti untuk mendapatkan keuntungan investasi sekaligus merancang daya ungkit bisnis dari pemanfaatan asetnya. Membidik keuntungan berlipat dari aset properti. Mengubah rumah biasa jadi homestay adalah sebagain kecil cara melakukannya.

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets