12 Des 2012

SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER


Sistem Pengolahan Data
Pengolahan data merupakan dasar bagi sistem-sistem pemecahan masalah  yang lain. Langkah pertama dalam menyediakan dukungan komputer bagi pemecahan masalah untuk manajer adalah dengan menerapkan SIA yang baik. SIA memelihara rincian keuangan dari operasi perusahaan dan menghasilkan informasi yang ,enjelaskan operasi tersebut. Informasi ada dalam bentuk dokumen tercetak dan tampilan yang digunakan oleh manajer dan non-manajer dalam perusahaan.
Pengolahandata terdiri dari empat tugas dasar pengumpulan data, manipulasi data, penyimpanan data dan penyiapan dokumen. Manifulasi terdiri dari pengklasifikasian, mengurutkan, perhitungan, dan pengikhtisaran. Pengolahan data melaksanakan tugas yang diperlukan, mengikuti prosedur-prosedur yang relative standar, menangani data yang rinci, terutama berfokus histori, serta menyediakan informasi pemecahan masalah sebagai hasil sampingan dari kegiatan-kegiatan yang lain.
Perusahaan distributor menggunakan suatu integrasi dari sembilan subsistem SIA. Subsistem entry pesanan, persediaan, penagihan, dan piutang dagang memproses pesanan pelanggan. SIA berkontribusi pada pemecahan masalah dengan menghasilkan laporan-laporan standar mengenai mengikhtisarkan kondisi financial perusahaan dan menyediakan database yang digunakan oleh subsistem CIBS yang lain.

Sistem Informasi Manajemen
SIM merupakan upaya organisasi pertama yang tujuan utamanya menyediakan informasi manajemen karena itu dinamakan system informasi manajemen. Para pemakai SIM biasanya membentuk suatu entitas organisasi formal perusahaan atau subunit di bawahnya.
Konsep SIM diterima begitu baik sehingga para manajer di area fungsional mulai menyatukan perangkat lunak dan data kedalam system untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri. Pemasran merintis jalannya, diikuti oleh manufaktur dan keuangan.

SIM mencakup dua jenis subsitem penghasil informasi yaitu :
1.   Perangkat Lunak Penulis Laporan
Yaitu menyediakan laporan dalam bentuk laporan periodik dan khusus.
2.   Model Matematika
Yaitu menyediakan informasi dalam bentuk hasil simulasi suatu entitas dan dapat bersifat statis atau dinamis, probabilistic, atau dterministik dan optiminasi.

 Sumber : Raymond McLeod, Jr

0 komentar:

Posting Komentar

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets